Pengaruh Konsep Diri dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kabupaten Dompu

Main Author: Fathurrahman, Fathurrahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6584/1/Jurnal.docx
http://eprints.unm.ac.id/6584/
ctrlnum 6584
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6584/</relation><title>Pengaruh Konsep Diri dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kabupaten Dompu</title><creator>Fathurrahman, Fathurrahman</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><subject>PASCASARJANA</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian &#x201C;expost-facto&#x201D; yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh: i) konsep diri terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; ii) perhatian orang tua terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; iii) kosnsep diri terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; dan iv) perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; v) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu.&#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Dompu dengan jumlah 915 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu dengan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 278 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belaajar fisika yang telah di uji coba empirik. Data hasil penelitian di analis dengan menggunakan metode analisis Structural equation modeling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model structural AMOS.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh konsep diri, perhatian orang tua, motivasi berprestasi, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: i) konsep diri tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; ii) perhatian orang tua tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; iii) konsep diri berpengarh langsung positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; dan iv) perhatian orang tua berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; v) motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu.&#xD; &#xD; Kata kunci : Expost-facto, Konsep Diri, Perhatian Orang Tua, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6584/1/Jurnal.docx</identifier><identifier> Fathurrahman, Fathurrahman (2016) Pengaruh Konsep Diri dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kabupaten Dompu. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>6584</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fathurrahman, Fathurrahman
title Pengaruh Konsep Diri dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN di Kabupaten Dompu
publishDate 2016
topic FISIKA (S2)
PASCASARJANA
url http://eprints.unm.ac.id/6584/1/Jurnal.docx
http://eprints.unm.ac.id/6584/
contents ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh: i) konsep diri terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; ii) perhatian orang tua terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; iii) kosnsep diri terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; dan iv) perhatian orang tua terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; v) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN di Kabupaten Dompu dengan jumlah 915 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan ukuran sampel yaitu dengan teknik slovin dengan jumlah peserta didik sebanyak 278 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes hasil belaajar fisika yang telah di uji coba empirik. Data hasil penelitian di analis dengan menggunakan metode analisis Structural equation modeling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS). Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model structural AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model persamaan struktural yang menggambarkan pengaruh konsep diri, perhatian orang tua, motivasi berprestasi, dan hasil belajar fisika dapat diterima. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: i) konsep diri tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; ii) perhatian orang tua tidak signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; iii) konsep diri berpengarh langsung positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; dan iv) perhatian orang tua berpengaruh langsung positif terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu; v) motivasi berprestasi berpengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika fisika peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Dompu. Kata kunci : Expost-facto, Konsep Diri, Perhatian Orang Tua, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika.
id IOS3399.6584
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-20T00:19:53Z
last_indexed 2018-04-20T00:19:53Z
recordtype dc
_version_ 1764483750293405696
score 17.538404