EfektifitasPemanfaatan Tutor SebayaDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKemampuanMembacaPemahamanSiswaKelas V SD Negeri 55 Parepare
Main Author: | HASMAWATI, HASMAWATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6507/1/PENDAHULUA1.docx http://eprints.unm.ac.id/6507/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntuk: Mengetahuigambaranpemanfaatan tutor sebaya, gambarantingkatkemampuanmembacapemahamansiswasebelumdansesudahpemanfaatan tutor sebayadanUntukmengetahuiefektifitaspemanfaatan tutor sebayadalampembelajaranbahasa Indonesia terhadapkemampuanmembacapemahamansiswakelas V SD Negeri 55 Parepare.Adapunjenispenelitianiniadalah trueeksprimen, dengandesainpenelitian pretest dan posttest one group desaign.Tehnikpengumpulandatanyadilakukanmelaluiobservasidantest.Subyekpenelitianterdiridari 25 orang siswaSekolahDasarNegeri 55 Pareparedaripopulasi 50 orang siswa.Datadianalisisdengananalisisdeskriptifdananalisisinferensialdenganbantuanaplikasai SPSS 21 for windows.Dimana Hasilpenelitian,menunjukkanbahwakemampuanmembacapemahamandenganmenggunakantekhnik tutor sebayasebelumdiberiperlakuankecenderunganberadapadakategorirendahdansedangtetapisetelahdiberiperlakuanterjadipeningkatandimanakemampuanmembacapemahamananakdenganpemanfaatanteknik tutor sebayaberadapadakategorisedangdantinggi. AnalisisInferensialnyamenunjukkanadapengaruhpemanfaatantekhnik tutor sebayaterhadappeningkatankemampuanmembacapemahamanpadasiswa. Kata Kunci: Tutor Sebaya, MembacaPemahaman