EfektifitasPemanfaatan Tutor SebayaDalamPembelajaranBahasa Indonesia TerhadapKemampuanMembacaPemahamanSiswaKelas V SD Negeri 55 Parepare

Main Author: HASMAWATI, HASMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6507/1/PENDAHULUA1.docx
http://eprints.unm.ac.id/6507/
Daftar Isi:
  • Penelitianinibertujuanuntuk: Mengetahuigambaranpemanfaatan tutor sebaya, gambarantingkatkemampuanmembacapemahamansiswasebelumdansesudahpemanfaatan tutor sebayadanUntukmengetahuiefektifitaspemanfaatan tutor sebayadalampembelajaranbahasa Indonesia terhadapkemampuanmembacapemahamansiswakelas V SD Negeri 55 Parepare.Adapunjenispenelitianiniadalah trueeksprimen, dengandesainpenelitian pretest dan posttest one group desaign.Tehnikpengumpulandatanyadilakukanmelaluiobservasidantest.Subyekpenelitianterdiridari 25 orang siswaSekolahDasarNegeri 55 Pareparedaripopulasi 50 orang siswa.Datadianalisisdengananalisisdeskriptifdananalisisinferensialdenganbantuanaplikasai SPSS 21 for windows.Dimana Hasilpenelitian,menunjukkanbahwakemampuanmembacapemahamandenganmenggunakantekhnik tutor sebayasebelumdiberiperlakuankecenderunganberadapadakategorirendahdansedangtetapisetelahdiberiperlakuanterjadipeningkatandimanakemampuanmembacapemahamananakdenganpemanfaatanteknik tutor sebayaberadapadakategorisedangdantinggi. AnalisisInferensialnyamenunjukkanadapengaruhpemanfaatantekhnik tutor sebayaterhadappeningkatankemampuanmembacapemahamanpadasiswa. Kata Kunci: Tutor Sebaya, MembacaPemahaman