Pengaruh implementasi pembelajaran pemetaan pikiran terhadap hasil belajar IPA pada siswa SD negeri 38 parepare

Main Author: JAMALUDDIN, JAMALUDDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6504/1/ARTIKEL%20jamaluddin.docx
http://eprints.unm.ac.id/6504/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran pemetaan pikiran terhadap hasil belajar belajar IPA pada siswa SD Negeri 38 Parepare. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pre Experimental Design yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini 195 dengan sampel siswa kelas V yang berjumlah 39 orang dengan Purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Data tersebut dianalisis dengan dua macam teknik analisis statistik, yaitu analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan menggunakan program SPSS windows versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas,siswa terlihat aktif, kreatif, terfokus dan bersemangat dalam belajar. Hasil tes pretes dan posttes menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil belajar pretest berada pada rentang kategori sedang, sedangkan pada hasil belajar posttest pada rentang kategori amat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran pemetaan pikiran dalam pembelajaran IPA memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 38 Parepare.