Pengaruh Pelaksanaan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Matematika SDNegeri 11 Pangkajene

Main Author: IKASMAH, IKASMAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6497/1/Jurnal.docx
http://eprints.unm.ac.id/6497/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), gambaran hasil belajar matematika sebelum dan sesudah pelaksanaan model dan pengaruh pelaksanaan model terhadap hasil belajar matematika SD Negeri 11 Pangkajene. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 11 Pangkajene Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2015/2016 yang menjadi subyek penelitian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan disain penelitian yang dipilih adalah True Esperimental Design. Pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan observasi langsung, dan data dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil post tes siswa kelas eksprimen 83 lebih tinggi dari nilai rata-rata post tes kelas control 75. Demikian juga nilai rata-rata hasil post tes siswa kelas eksprimen lebih besar dari nilai rata-rata pree tes kelas eksprimen 71 dan nilai rata-rata free tes kelas control 71. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dijadikan sebagai salah satu alternative model pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah, khususnya di Sekolah Dasar. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, hasil belajar matematika, tipe STAD