Analisis Perangkat Pembelajaran Membaca Permulaan (Studi Kasus di SDN 272 Lembang Kabupaten Pinrang)
Main Author: | Darma, Darma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6495/1/Jurnal.docx http://eprints.unm.ac.id/6495/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji prosedur yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, factor pendukung dan penghambat pengembangan perangkat pembelajaran di SDN 272 di Pinrang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh guru dengan menyiapkan kurikulum KKM, Silabus, Kalender Pendidikan, Prota, Promes, RPP, dan media. Faktor pendukung adalah penyusunan perangkat dilakukan dalam kegiatan KKG, permasalahan penyusunan perangkat dibahas bersama, dan sarana prasarana: sedangkan factor penghambat adalah kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, Kurikulum yang berubah-ubah dan Kurangnya kompetensi guru. Kata kunci: Analisis perangkat pembelajaran, pembelajaran membaca permulaan