PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelasVIII.A MTsNPangkajeneSidrapMelalui Model PembelajaranKooperatifTipe Make A Match

Main Author: AQSHA, MUHAMMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6484/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/6484/
Daftar Isi:
  • Pendidikanbagikehidupanumatmanusiamerupakankebutuhanmutlak yangharusdipenuhisepanjanghayat yang perludikelola, secarasistematisdankonsistenberdasarkanberbagaipandanganteoretikaldanpraktikalsepanjangwaktusesuaidenganlingkunganhidupmanusiaitusendiriKenyataan yang terjadi di lapanganmasihbelumsesuaidengan yang diharapkan. BerdasarkanhasilobservasipadabulanJuni 2016, pelaksanaanpembelajaran IPA di kelasVIIIMTsNPangkajeneKabupatenSidrap, diperolehbahwaketerlibatanbelajarpesertadidikselama proses pembelajaran di kelastersebutmassihrendahhanyasekitar 25% pesertadidik yang aktifterlibatdalam proses pembelajaran. Olehkarenaiturumusanmasalah (i) Bagaimanapeningkatanaktivitasbelajar IPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match ? (ii) BagaimanapeningkatanhasilbelajarIPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match ? Tujuanpenelitian (i) Untukmeningkatkanaktivitasbelajar IPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match (ii) UntukmeningkatkanhasilbelajarIPA pesertadidik di kelas VIII. A MTsNPangkajeneSidrapmelaluipenerapanmetodeMake A Match ? Hasil rata-rata aktivitaspesertadidikpadasiklus I adalah 78,33dengankriteriabaik. Rata-rata aktivitaspesertadidikpadasiklus II adalah 83,40dengankriteriabaik pula. Model pembelajarankooperatiftipeMake A Match dapatmeningkatkanaktivitaspesertadidik.Rata-rata hasilbelajar yang diperolehpadapembelajaran IPA Terpadumelalui model pembelajarankooperatiftipeMake A Match yaknisiklus I dengan rata-rata 72,50. Siklus II didapatkanhasil rata-rata hasilbelajarnyaadalah 80,33. Sedangkanpersentaseketuntasan yang diperolehpadasetiapsiklusadalahsiklus I persentaseketuntasanklasikaladalah 60%, padasiklus II adalah 93% .Model pembelajarankooperatiftipeMake A Match dapatmeningkatkanhasilbelajar. Kata kunci: Make A Match ,AktivitasBelajar, HasilBelajar