Kemampuan menulis Teks Prosedur SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep
Main Author: | Rusmini, Rusmini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6455/1/KEMAMPUAN%20MENULIS%20TEKS%20PROSEDUR%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMP%20NEGERI%201%20SEGERI%20KABUPATEN%20PANGKEP.pdf http://eprints.unm.ac.id/6455/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek isi; (3) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek struktur; (4) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek kaidah penulisan; (5) mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep pada aspek ciri kebahasaan. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang menghasilkan bentuk angka-angka untuk mengukur kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 152 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan terpilih kelas VIII-C dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri memeroleh nilai rata-rata 80,54 dengan persentase 77,41% yaitu mampu menulis teks prosedur. pada aspek isi,nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori mampu dengan nilai 86,29. Pada aspek struktur, nilai rata-rata siswa smapel berada dalam kategori mampu dengan nilai 85,48. Pada aspek kaidah penulisan, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 73,79, dan pada aspek ciri kebahasaan, nilai rata-rata siswa sampel berada dalam kategori cukup dengan nilai 77,01.