Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe CRH dengan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng

Main Author: Aryni, Yesi Rezki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6415/1/SKRIPSI%20YESI%20REZKI%20ARYNI%20%281311040012%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6415/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri Kabupaten Soppeng pada semester ganjil 2017/2018. Peneliti memilih dua kelas dengan cluster random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata skor motivasi belajar dan skor peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan Pendekatan Pemecahan Masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berturut-turut adalah: (i) 159,81 dan 0,51; dan (ii) 142,75 dan 0,289; (2) rata-rata nilai hasil belajar dan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara berturut-turut adalah: (i) 72,71 dan 0,63; dan (ii) 54,65 dan 0,37. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Donri-Donri dilihat dari adanya perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dengan pendekatan pemecahan masalah dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peningkatan yang lebih tinggi ada pada kelas CRH.