Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare
Main Author: | Jusman, Mario Jaya M |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6413/1/SKRIPSI_1311041016_MARIO%20JAYA%20M%20JUSMAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/6413/ |
ctrlnum |
6413 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6413/</relation><title>Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare</title><creator>Jusman, Mario Jaya M</creator><subject>PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)</subject><subject>FMIPA</subject><description>ABSTRAK
Penelitian ex-post facto ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. Pengambilan sampel sebanyak 261 siswa dipilih secara proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran
formal dan prestasi belajar matematika, serta angket motivasi berprestasi dan
kesadaran metakognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif
dan statistik inferensial dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) tingkat kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, kesadaran
metakognitif, dan prestasi belajar matematika siswa secara berturut-turut berada
pada kategori transisi, sedang, tinggi, dan sangat rendah, (2) kemampuan penalaran
formal dan motivasi berprestasi berpengaruh simultan terhadap kesadaran
metakognitif dan prestasi belajar matematika, (3) motivasi berprestasi secara
langsung berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif, (4) kemampuan
penalaran formal secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
matematika, namun secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, (5) motivasi berprestasi
tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, namun secara
tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika setelah
melalui kesadaran metakognitif, dan (6) kesadaran metakognitif secara langsung
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6413/1/SKRIPSI_1311041016_MARIO%20JAYA%20M%20JUSMAN.pdf</identifier><identifier> Jusman, Mario Jaya M (2018) Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. S1 thesis, FMIPA. </identifier><recordID>6413</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jusman, Mario Jaya M |
title |
Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781311041012 |
topic |
PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) FMIPA |
url |
http://eprints.unm.ac.id/6413/1/SKRIPSI_1311041016_MARIO%20JAYA%20M%20JUSMAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/6413/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ex-post facto ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. Pengambilan sampel sebanyak 261 siswa dipilih secara proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran
formal dan prestasi belajar matematika, serta angket motivasi berprestasi dan
kesadaran metakognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif
dan statistik inferensial dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) tingkat kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, kesadaran
metakognitif, dan prestasi belajar matematika siswa secara berturut-turut berada
pada kategori transisi, sedang, tinggi, dan sangat rendah, (2) kemampuan penalaran
formal dan motivasi berprestasi berpengaruh simultan terhadap kesadaran
metakognitif dan prestasi belajar matematika, (3) motivasi berprestasi secara
langsung berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif, (4) kemampuan
penalaran formal secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
matematika, namun secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, (5) motivasi berprestasi
tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, namun secara
tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika setelah
melalui kesadaran metakognitif, dan (6) kesadaran metakognitif secara langsung
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika. |
id |
IOS3399.6413 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-01T02:14:14Z |
last_indexed |
2018-04-01T02:14:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483749631754240 |
score |
17.538404 |