Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare

Main Author: Jusman, Mario Jaya M
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6413/1/SKRIPSI_1311041016_MARIO%20JAYA%20M%20JUSMAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6413/
ctrlnum 6413
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6413/</relation><title>Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare</title><creator>Jusman, Mario Jaya M</creator><subject>PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)</subject><subject>FMIPA</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ex-post facto ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. Pengambilan sampel sebanyak 261 siswa dipilih secara proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran&#xD; formal dan prestasi belajar matematika, serta angket motivasi berprestasi dan&#xD; kesadaran metakognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif&#xD; dan statistik inferensial dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan&#xD; bahwa: (1) tingkat kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, kesadaran&#xD; metakognitif, dan prestasi belajar matematika siswa secara berturut-turut berada&#xD; pada kategori transisi, sedang, tinggi, dan sangat rendah, (2) kemampuan penalaran&#xD; formal dan motivasi berprestasi berpengaruh simultan terhadap kesadaran&#xD; metakognitif dan prestasi belajar matematika, (3) motivasi berprestasi secara&#xD; langsung berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif, (4) kemampuan&#xD; penalaran formal secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar&#xD; matematika, namun secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap prestasi&#xD; belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, (5) motivasi berprestasi&#xD; tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, namun secara&#xD; tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika setelah&#xD; melalui kesadaran metakognitif, dan (6) kesadaran metakognitif secara langsung&#xD; berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6413/1/SKRIPSI_1311041016_MARIO%20JAYA%20M%20JUSMAN.pdf</identifier><identifier> Jusman, Mario Jaya M (2018) Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. S1 thesis, FMIPA. </identifier><recordID>6413</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jusman, Mario Jaya M
title Pengaruh Kemampuan Penalaran Formal, Motivasi Berprestasi, dan Kesadaran Metakognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare
publishDate 2018
isbn 9781311041012
topic PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
url http://eprints.unm.ac.id/6413/1/SKRIPSI_1311041016_MARIO%20JAYA%20M%20JUSMAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/6413/
contents ABSTRAK Penelitian ex-post facto ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, dan kesadaran metakognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. Pengambilan sampel sebanyak 261 siswa dipilih secara proportional cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan penalaran formal dan prestasi belajar matematika, serta angket motivasi berprestasi dan kesadaran metakognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan penalaran formal, motivasi berprestasi, kesadaran metakognitif, dan prestasi belajar matematika siswa secara berturut-turut berada pada kategori transisi, sedang, tinggi, dan sangat rendah, (2) kemampuan penalaran formal dan motivasi berprestasi berpengaruh simultan terhadap kesadaran metakognitif dan prestasi belajar matematika, (3) motivasi berprestasi secara langsung berpengaruh positif terhadap kesadaran metakognitif, (4) kemampuan penalaran formal secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, namun secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, (5) motivasi berprestasi tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, namun secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika setelah melalui kesadaran metakognitif, dan (6) kesadaran metakognitif secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika.
id IOS3399.6413
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:14Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:14Z
recordtype dc
_version_ 1764483749631754240
score 17.538404