PengaruhPenerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadapHasilBelajarPesertaDidikMateriPencemaranLingkunganKelas VII SMPN 26 Makassar

Main Author: Silfina, Debi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6398/1/Artikel.docx
http://eprints.unm.ac.id/6398/
Daftar Isi:
  • Penelitianiniadalahpenelitianeksperimensemu yang bertujuanuntukmelihatadatidaknyapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Hipotesispenelitianadalahterdapatpengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Sampelpenelitianiniterdiriatasduakelasyaitukelas VII-I dankelas VII-2 SMPN 26 Makassar.Data dikumpulkanmelaluipemberianteshasilbelajarpadaranahkognitifdandianalisissecara statistic deskriptifdanstatistikinferensial.Peningkatanhasilbelajardapatdihitungmenggunakanrumus N-gain, sedangkanuji statistic inferensialmenggunakanuji-t.Berdasarkanhasil yang diperolehdapatdisimpulkanbahwaadapeningkatanhasilbelajarpesertadidikmelaluipenerapan PBL maupunpembelajarankonvensional yang dapatdilihatdarihasilperhitungan N-gain. AdapuntingkatkategoriN-gainpadakelasdenganmenerapkan model PBL maupunpadakelaskonvensionaldidominasipadakategorisedang.Hasilanalisisinferensialdiperolehnilai sig (2-tailed) 0,001 <α (0,05) sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar. Kata Kunci: PenelitianEksperimenSemu, ModelProblem-Based Learning (PBL), HasilBelajar