PengaruhPenerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadapHasilBelajarPesertaDidikMateriPencemaranLingkunganKelas VII SMPN 26 Makassar
Main Author: | Silfina, Debi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6398/1/Artikel.docx http://eprints.unm.ac.id/6398/ |
Daftar Isi:
- Penelitianiniadalahpenelitianeksperimensemu yang bertujuanuntukmelihatadatidaknyapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Hipotesispenelitianadalahterdapatpengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Sampelpenelitianiniterdiriatasduakelasyaitukelas VII-I dankelas VII-2 SMPN 26 Makassar.Data dikumpulkanmelaluipemberianteshasilbelajarpadaranahkognitifdandianalisissecara statistic deskriptifdanstatistikinferensial.Peningkatanhasilbelajardapatdihitungmenggunakanrumus N-gain, sedangkanuji statistic inferensialmenggunakanuji-t.Berdasarkanhasil yang diperolehdapatdisimpulkanbahwaadapeningkatanhasilbelajarpesertadidikmelaluipenerapan PBL maupunpembelajarankonvensional yang dapatdilihatdarihasilperhitungan N-gain. AdapuntingkatkategoriN-gainpadakelasdenganmenerapkan model PBL maupunpadakelaskonvensionaldidominasipadakategorisedang.Hasilanalisisinferensialdiperolehnilai sig (2-tailed) 0,001 <α (0,05) sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar. Kata Kunci: PenelitianEksperimenSemu, ModelProblem-Based Learning (PBL), HasilBelajar