Hubungan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone
Main Author: | NURLIA, NURLIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/6387/1/ARTIKEL%20NURLIA.docx http://eprints.unm.ac.id/6387/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hasil belajar Biologi siswa dipengaruhi oleh dua faktor yakni, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar diantaranya gaya belajar, kemandirian belajar dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan gaya belajar siswa, (ii) mendeskripsikan kemandirian belajar siswa, (iii) mendeskripsikan minat belajar siswa, (iv) mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa, (v) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, (vi) mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, (vii) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar Biologi siswa dan (viii) mengetahui hubungan antara gaya belajar, kemandirian belajar dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IPA SMA Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel 194 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) gaya belajar siswa cenderung pada tipe visual, (ii) kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi, (iii) minat belajar siswa berada pada kategori tinggi, (iv) hasil belajar Biologi siswa berada pada kategori tinggi, (v) terdapat hubungan yang kuat antara gaya belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, (vi) terdapat hubungan yang cukup kuat antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, (vii) terdapat hubungan yang kuat antara minat belajar dengan hasil belajar Biologi siswa, (viii) terdapat hubungan yang sangat kuat antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan minat belajar dengan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone.