Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Indeks dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Timur

Main Author: Irwan, A. Zulaeha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6380/1/ARTIKEL%20A.%20ZULAEHA%20IRWAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/6380/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA Fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik SMP Negeri 3 Sinjai Timur, (2) Khusus kelompok motivasi berprestasi tinggi, untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA Fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik SMP Negeri 3 Sinjai Timur, (3) Khusus kelompok motivasi berprestasi rendah, untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA Fisika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik SMP Negeri 3 Sinjai Timur, (4) Untuk menganalisis pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA Fisika peserta didik SMP Negeri 3 Sinjai Timur. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dan satu kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Timur, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 104 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan dua kelas penelitian yang terdiri atas 42 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika peserta didik antara yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dengan siswa yang diajar secara konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Timur, (2) Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika peserta didik antara yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dengan yang diajar melalui pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Timur, (3) Untuk kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika peserta didik antara yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe kartu indeks dengan yang diajar melalui pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Timur, (4) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sinjai Timur.