Menganalisis Tindak Tutur Dosen dan Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar

Main Author: Sulviana, Sulviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6280/1/Artikel%20Sulviana.docx
http://eprints.unm.ac.id/6280/
ctrlnum 6280
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6280/</relation><title>Menganalisis Tindak Tutur Dosen dan Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar</title><creator>Sulviana, Sulviana</creator><subject>BAHASA INGGRIS (S2)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis dari tindak tutur yang sering muncul dalam diskusi kelas, fungsi dari tindak tutur yang digunakan dalam diskusi kelas, dan mengidentifikasi implikasi dari tindak tutur dalam diskusi kelas. &#xD; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe yang yang diguankan adalah analisa wacana. Pengumpulan data dari penelitian ini dilaksanakan melalui (1) rekaman video, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menganalisis jenis dari tindak tutur, fungsi dari tindak tutur, dan implikasi dari tindak tutur dalam diskusi kelas.&#xD; &#xD; Peneliti menemukan penggunaan tiga jenis tindak tutur yaitu lokutionari, illokutionari, dan perlokutionari. Jenis tindak tutur yang paling sering digunakan adalah ilokutionari. Peneliti menemukan lima fungsi tindak tutur yang digunakan dalam diskusi kelas yaitu representative, directive, commissive, expressive, dan declarative. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar menggunakan semua fungsi tindak tutur dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu ada beberapa implikasi yang muncul yaitu mahasiswa dapat memahami materi yang diujarkan oleh guru dalam tindak tuturnya. Dosen dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan topik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menggunakan tindak tutur yang sesuai.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6280/1/Artikel%20Sulviana.docx</identifier><identifier> Sulviana, Sulviana (2015) Menganalisis Tindak Tutur Dosen dan Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>6280</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sulviana, Sulviana
title Menganalisis Tindak Tutur Dosen dan Mahasiswa dalam Diskusi Kelas pada Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar
publishDate 2015
topic BAHASA INGGRIS (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/6280/1/Artikel%20Sulviana.docx
http://eprints.unm.ac.id/6280/
contents ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis dari tindak tutur yang sering muncul dalam diskusi kelas, fungsi dari tindak tutur yang digunakan dalam diskusi kelas, dan mengidentifikasi implikasi dari tindak tutur dalam diskusi kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe yang yang diguankan adalah analisa wacana. Pengumpulan data dari penelitian ini dilaksanakan melalui (1) rekaman video, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menganalisis jenis dari tindak tutur, fungsi dari tindak tutur, dan implikasi dari tindak tutur dalam diskusi kelas. Peneliti menemukan penggunaan tiga jenis tindak tutur yaitu lokutionari, illokutionari, dan perlokutionari. Jenis tindak tutur yang paling sering digunakan adalah ilokutionari. Peneliti menemukan lima fungsi tindak tutur yang digunakan dalam diskusi kelas yaitu representative, directive, commissive, expressive, dan declarative. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa dosen dan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar menggunakan semua fungsi tindak tutur dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu ada beberapa implikasi yang muncul yaitu mahasiswa dapat memahami materi yang diujarkan oleh guru dalam tindak tuturnya. Dosen dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan topik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menggunakan tindak tutur yang sesuai.
id IOS3399.6280
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:14Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:14Z
recordtype dc
_version_ 1764483749396873216
score 17.538404