Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Marioriawa

Main Author: Syahriani, Syahriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6206/1/PENDAHULUAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/6206/
ctrlnum 6206
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/6206/</relation><title>Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Marioriawa</title><creator>Syahriani, Syahriani</creator><subject>PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT); (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung; (3) apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (4) apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (5) apakah peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Marioriawa pada semester genap 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas.Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling.Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes.Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pre-test dan post-test siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran langsung berturut-turut adalah: (i) 27,31 dan 83,69; dan (ii) 27.07 dan 74,33. Hasil dari analisis statistika infrensial adalah: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (3) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Model Pembelajaran Langsung dan Hasil Belajar.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/6206/1/PENDAHULUAN.docx</identifier><identifier> Syahriani, Syahriani (2016) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Marioriawa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>6206</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syahriani, Syahriani
title Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Marioriawa
publishDate 2016
topic PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/6206/1/PENDAHULUAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/6206/
contents Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT); (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung; (3) apakah hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (4) apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (5) apakah peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Marioriawa pada semester genap 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas.Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling.Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes.Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pre-test dan post-test siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran langsung berturut-turut adalah: (i) 27,31 dan 83,69; dan (ii) 27.07 dan 74,33. Hasil dari analisis statistika infrensial adalah: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung mengalami peningkatan dilihat dari hasil pre-test dan post-test; (3) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Model Pembelajaran Langsung dan Hasil Belajar.
id IOS3399.6206
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:11Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:11Z
recordtype dc
_version_ 1764483748995268608
score 17.538404