Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif berbasis humanistik pada siswa kelas X Sains SMA YP-PGRI 2 Makassar

Main Author: Ruslan awi dassa, Abdul hakim junaid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/620/1/RUSLAN%20AWI%20DASSA%20ABDUL%20HAKIM%20JUNAID.%202014.docx
http://eprints.unm.ac.id/620/
Daftar Isi:
  • RUSLAN AWI DASSA ABDUL HAKIM JUNAID ABSTRAK Peningkatan kualitas pendidikan tidak lepas dari upaya peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran peserta didik sehingga dapat berguna bagi bangsa dan negara ini. Berdasarkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif berbasis humanistik pada siswa kelas X Sains SMA YP-PGRI 2 Makassar (2) Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif berbasis humanistik pada siswa kelas X Sains SMA YP-PGRI 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara bersiklus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah (1) Lembar observasi (2) Tes hasil belajar (3) agenda harian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis humanistik pada siswa kelas X Sains SMA YP-PGRI 2 Makassar dari segi proses 100 % berhasil dan berkualitas sedangkan dari segi hasil 100% berhasil berdasarkan lembar pengamatan siswa yang dilakukan oleh observer (2) Pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis humanistik pada pokok bahasan peluang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan rata-rata 86,33 dan ketuntasan klasikal 96,67%. Kata Kunci:kualitas pembelajaran, pembelajaran humanistik, peningkatan kualitas