Keefektifan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros

Main Author: Firdayani, Musnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/6063/1/BAB%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/6063/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros tanpa menggunakan media gambar, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis karangan deksripsi siswa kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros dengan menggunakan media gambar, (3) membuktikan keefektifan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros yang berjumlah 116 orang. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa dari 2 kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel acak (random sampling). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik tes tertulis. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Stastistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros tanpa menggunakan media gambar dikategorikan kurang mampu dengan nilai rata-rata 64. (2) hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa siswa kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros dengan menggunakan media gambar dikategorikan mampu dengan nilai rata-rata 86. (3) media gambar efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 14 Moncongloe Kabupaten Maros. Hal ini dibuktikan pada uji statistik inferensial menggunakan independent sample t test. Hasil uji-t ini menunjukkan nilai thitung>ttabel. Dalam hal ini thitung = 11,934, sedangkan ttabel = 2.003, sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.