Kemampuan MenulisTeksBeritaSiswaKelasVIII SMP Negeri 2 BarombongKabupatenGowa

Main Author: Nurdin, Muh.Harjum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5937/1/BAB%20I-V%20FIX%20TUTUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/5937/
Daftar Isi:
  • Secara umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa dalam menulis teks berita, sedangkan secara khusus diuraikan sebagai berikut: 1) mendeskripsikan kemampuan menulis isi teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa; 2) mendeskripsikan kemampuan menulis struktur teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa; 3) mendeskripsikan kemampuan menulis penggunaan bahasa teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 BarombongKabupatenGowa yang berjumlah 176 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak35 siswaSMP Negeri 2 BarombongKabupatenGowa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak (random sampling) dengan pertimbangan subjek yang diteliti mempunyai sifat dankemampuan yangsama (homogen).Teknik yang digunakan dalammengumpulkan data adalah teknikunjukkerja.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahteknikstatistikdeskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulisteksberitasiswakelas VIII SMP Negeri 2 BarombongKabupatenGowadikategorikan kurangmampu. Hal ini tergambar dengan jelas pada pemerolehan nilai rata-rata siswa dalam menulis teks berita pada perolehan aspek isi yaitu 66 yang berada pada kategori kurangmampu, struktur yaitu 66,7 dengan kategori kurang mampu, dan pada aspek penggunaan bahasa yaitu 67 dengan kategori kurang mampu.Hal tersebut tergambar dengan perkerjaan siswa padaaspek isi yang diungkapkandalamtekssesuaidengantema,namunpilihan katatidaktepatdantidaksesuaidenganstrukturkalimat. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Berita