Keefektifan Media Pembelajaran BerbasisWebsite Offline Terhadap Hasil Belajar Menulis Kata dan Kalimat dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM Kabupaten Pangkep
Main Author: | SAHRIANI, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/5932/1/2.%20SKRIPSI%20siip.pdf http://eprints.unm.ac.id/5932/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran berbasis website offline terhadap hasil belajar menulis kata dan kalimat dalam bahasa Bugis siswa kelas IX SMPNegeri 6 Labakkang Labschool UNM Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM Kabupaten Pangkep yang berjumlah 45 orang terbagi ke dalam 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis N-gain. Data yang diperoleh diolah berdasarkan analisis deskriptif sehingga hasil pretes diperoleh skor tertinggi 77, skor terendah 6, skor rata-rata 27,83, nilai rata-rata 61,84 dan standar deviasi 3,27. Sementara pada hasil postes diperoleh skor tertinggi 95, skor terendah 36, skor rata-rata 38,7, nilai rata-rata 86 dan standar deviasi 7,54. Hasil penelitian menunjukkan adanyanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis website offline dalam menulis kata dan kalimat bahasa Bugis memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis website offline. Berdasarkan analisis N-gain menunjukkan peningkatan yang signifikan dari hasil tes sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis website offline diperoleh peningkatan sebesar 0,4 yang berarti berada pada kategori sedang. Kata kunci: Media pembelajaran, hasil belajar