PengaruhPenggunaan Media Audiovisual TerhadapKemampuanMenulisCerpenSiswaKelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng
Main Author: | Heryati, Heryati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/5931/1/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/5931/2/BAB%20V.docx http://eprints.unm.ac.id/5931/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntuk: (1) mendeskripsikankemampuanmenuliscerpensebelummenggunakan media audiovisualsiswa kelas X SMA Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng; (2) mendeskripsikankemampuanmenuliscerpen setelah menggunakan media audiovisualsiswakelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng; (3) membuktikanapakahterdapatperbedaan yang signifikankemampuanmenuliscerpensiswakelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng; dan (4) mendeskripsikanpengaruhpenggunaan media audiovisual terhadapkemampuanmenuliscerpensiswakelas X SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng. Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganmenggunakantekniktesyaitutesawal (pretest) dantesakhir (posttest). Adapunsampelpenelitianiniadalahsiswakelas X2 SMA Negeri 1 WatansoppengKabupatenSoppeng. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahtekniktes. Keseluruhan data yang diperolehdianalisismelaluibeberapatahap: (1) membuatdaftarskormentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) analisisstatistikdekriptif; dan (4) analisisstatistikinferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)nilai rata-rata diperoleh siswa sebelum menggunakan media audiovisual (pretest) adalah77,54dikategorikansedang. 2) Nilai rata-rata yang diperoleh setelah menggunakan media audiovisual(posttes) adalah 83,34dikategorikansedang. (3) Hasilperbandinganantarapretestdanposttestbahwanilaithitung= 3,189, dankemampuanmenuliscerpensiswakelas X SMA Negeri 1 WatansopengKabupatenSoppengmenujukkanbahwanilaittabel = 2,060. Berartinilaithitung ≥ ttabel (3,189 > 2,060) makahipotesisnol (H0) ditolakdanhipotesisalternatif (H1) diterimasehinggaadapengaruh positif yang signifikanantarapretestdanposttest kemampuan menulis cerpen siswa.