Kemampuan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Siswa Kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa

Main Author: Adeliza, Juliza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5930/1/Kurikulum%20Tingkat%20Satuan%20Pendidikan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/5930/
Daftar Isi:
  • Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan maksud mendiskripsikan kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara siswa Kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Askari Pallangga Kabupaten Gowa yang berjumlah 166 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sample random sampling. Sampel penelitian sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yakni tes penugasan menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan teks wawancara berada pada kategori cukup mampu yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 62.5. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar meneliti hal yang sama secara mendalam dengan berbagai rancangan penelitian sehingga dapat menemukan peran teks wawancara dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Kata Kunci: kemampuan, menulis, karangan narasi, teks wawancara.