Pengaruh Persepsi siswa tentang Sikap dan Gaya Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Makassar

Main Author: FAUZIATUL, NOOR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5826/1/Artikel%20noor.doc
http://eprints.unm.ac.id/5826/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Ex post facto, sering disebut dengan after the fact artinya penelitian ini dilakukan setelah suatu kejadian ini terjadi dengan total sampel berjumlah 329 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan persepsi siswa tentang sikap guru, persepsi siswa tentang gaya mengajar guru, dan hasil belajar biologi; (ii) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang sikap guru terhadap hasil belajar biologi; (iii) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap hasil belajar biologi; dan (iv) mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang sikap dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) persepsi siswa tentang sikap guru biologi berada pada kategori baik yakni 67,8 %, (ii) persepsi siswa tentang gaya mengajar guru biologi berada pada kategori tinggi yakni 60,8%, (iii) hasil belajar biologi siswa berada pada kategori tinggi yakni 70,20%, (iv) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang sikap guru terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi sebesar 30,30 %, (v) terdapat pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi sebesar 28,3 %, (vi) terdapat pengaruh antara sikap dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi sebesar 32,3 %.