Manajemn Program Pengembangan Diri Peserta Didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang

Main Author: Sumarni, Sumarni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5791/1/ARTIKEL%20SUMARNI.docx
http://eprints.unm.ac.id/5791/
ctrlnum 5791
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5791/</relation><title>Manajemn Program Pengembangan Diri Peserta Didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.</title><creator>Sumarni, Sumarni</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)</subject><subject>Manajemen Pendidikan</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengembangan diri peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang ada di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Dalam proses pengolahan data digunaka yaitu pengumpulan dat, pemilihan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang terbagi atas dua yaitu pelaksanaan layanan bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Dimana kegiatan tersebut berjalan dengan baik sehingga proses pembelajaran tidak terganggu oleh kugiatan ekstrakurikuler. (2) Faktor penghambat pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang yaitu masih kurangnya kesadaran peserta didik tentang pentingnya pengembangan diri, masih adanya anggapan bahwa fasilitas yang dimiliki sekolah belum lengkap sehingga peserta didik belum maksimal dalam mengikuti program pengembangan diri di sekolah. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang adanya dukungan dari kepala sekolah, banyaknya guru yang berkompeten dalam membina pengembangan diri di sekolah, peserta didik sangat merespon kehadiiran pengembagan diri peserta didik di sekolah, dan adanya dukungan dari masyarakat tentang pentingnya pengembangan diri.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5791/1/ARTIKEL%20SUMARNI.docx</identifier><identifier> Sumarni, Sumarni (2017) Manajemn Program Pengembangan Diri Peserta Didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>5791</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sumarni, Sumarni
title Manajemn Program Pengembangan Diri Peserta Didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang
publishDate 2017
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Manajemen Pendidikan
url http://eprints.unm.ac.id/5791/1/ARTIKEL%20SUMARNI.docx
http://eprints.unm.ac.id/5791/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu pengembangan diri peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah guru yang ada di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Dalam proses pengolahan data digunaka yaitu pengumpulan dat, pemilihan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang terbagi atas dua yaitu pelaksanaan layanan bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler. Dimana kegiatan tersebut berjalan dengan baik sehingga proses pembelajaran tidak terganggu oleh kugiatan ekstrakurikuler. (2) Faktor penghambat pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang yaitu masih kurangnya kesadaran peserta didik tentang pentingnya pengembangan diri, masih adanya anggapan bahwa fasilitas yang dimiliki sekolah belum lengkap sehingga peserta didik belum maksimal dalam mengikuti program pengembangan diri di sekolah. (3) Faktor pendukung pelaksanaan program pengembangan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang adanya dukungan dari kepala sekolah, banyaknya guru yang berkompeten dalam membina pengembangan diri di sekolah, peserta didik sangat merespon kehadiiran pengembagan diri peserta didik di sekolah, dan adanya dukungan dari masyarakat tentang pentingnya pengembangan diri.
id IOS3399.5791
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:03Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:03Z
recordtype dc
_version_ 1764483747557670912
score 17.538404