Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Kelas VII SMP/MTs: Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce
Main Author: | BUR, EKA YULIANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/5757/1/BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/5757/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku teks kelas VII SMP/MTs edisi revisi yang termasuk kategori semiotika yaitu ikon, indeks, dan simbol. Analisis dalam penelitian ini fokus pada dimensi teks, yakni nilai-nilai pendidikan karakter yang dikaji dalam semiotika dari segi ikon, indeks, dan simbol. Data dalam penelitian ini adalah teks bacaan yaitu kata dan kalimat yang terdapat dalam teks. Sumber data penelitian ini yakni buku teks yang berjudul “Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs edisi revisi”. Metode penelitian diperoleh dengan cara baca-simak, pencatatan, dan pengumpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku teks kelas VII SMP/MTs yang dikaji dalam semiotika dari segi ikon, indeks, dan simbol terdiri dari nilai religius, toleransi, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu,semangat kebangsaan, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan cinta tanah air dan adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang tidak terdapat dalam buku teks kelas VII SMP.MTs yaitu nilai nilai jujur, disiplin, mandiri, demokratis, gemar membaca, tanggung jawab.. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar teks-teks yang dicantumkan sebagai bahan pelajaran mencantumkan secara keseluruhan 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. Dan kepada para pendidik agar kiranya lebih memperkenalkan nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran.