Analisis Prinsip Kerja Sama Grice dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang
Main Author: | Ulfha, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/5745/1/4.%20BAB%20I.docx http://eprints.unm.ac.id/5745/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kematuhan dan pelanggaran maksim-maksim prinsip kerja sama Grice dalam kegiatan diskusi kelompok siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Pinrang.Analisis penelitian difokuskan padakematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama Grice yang terdiri dari 4 maksim yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi dan maksim cara.. Setelah itu penulis mengidentifikasi data-data tersebut berdasarkan keempat maksim prinsip kerja sama Grice tersebut lalu menentukan pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama Grice. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kata dikategorikan sebagai kematuhan yakni “terima kasih”, anda tadi mengatakan”, “sudah paham?” dan dikategorikan sebagai pelanggaran “coba diperjelas jawabannya”. Berdasarkan hasil penelitian ini , disarankan agar siswa meningkatkan minat baca dan bicara karena minat baca dan bicara pada siswa akan berguna dalam kegiatan diskusi kelompok maupun dalam kegiatan pembelajaran lainnya.