Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Self Regulation dan Hasil Belajar Peserta Didik

Main Author: PURNAMASARI, SRY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5737/1/BAB%201%20TESIS.docx
http://eprints.unm.ac.id/5737/
ctrlnum 5737
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5737/</relation><title>Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Self Regulation dan Hasil Belajar Peserta Didik</title><creator>PURNAMASARI, SRY</creator><subject>Biologi</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran menuntut peserta didik tidak hanya mampu menjawab permasalahan secara teoritis, tetapi juga mampu memecahkan masalah secara kontekstual. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang membantu peserta didik dalam kemampuan memecahkan masalah. Salah satu bahan ajar yang dikembangkan yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD). Lembar kerja peserta didik adalah lembaran yang berisi uraian singkat materi dan soal-soal yang disusun langkah demi langkah secara teratur dan sistematis yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga mempermudah pemahaman terhadap materi pelajaran yang didapat. Karena LKPD sangat berperan dalam proses pembelajaran seperti meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan aktifitas peserta didik, maka hal itu dapat membantu peserta didik dalam meregulasi diri atau yang dikenal dengan istilah self regulation. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan (4-D) yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek, angket respon peserta didik dan guru terhadap LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket self regulation, dan tes hasil belajar. Data uji coba dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek bersifat valid, praktis, dan efektif. Dikatakan valid karena LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori "Valid". LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek dikatakan praktis karena keterlaksanaan pembelajaran memiliki keterlaksanaan dengan kategori tinggi, serta peserta didik dan guru memberikan respon positif terhadap LKPD. Penggunaan LKPD telah memenuhi kriteria keefektifan karena tes hasil belajar peserta didik telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar 80,10%, dan self regulation peserta didik memenuhi kategori sangat baik yaitu 3,85%.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5737/1/BAB%201%20TESIS.docx</identifier><identifier> PURNAMASARI, SRY (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Self Regulation dan Hasil Belajar Peserta Didik. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>5737</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PURNAMASARI, SRY
title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Self Regulation dan Hasil Belajar Peserta Didik
publishDate 2017
topic Biologi
url http://eprints.unm.ac.id/5737/1/BAB%201%20TESIS.docx
http://eprints.unm.ac.id/5737/
contents ABSTRAK Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran menuntut peserta didik tidak hanya mampu menjawab permasalahan secara teoritis, tetapi juga mampu memecahkan masalah secara kontekstual. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang membantu peserta didik dalam kemampuan memecahkan masalah. Salah satu bahan ajar yang dikembangkan yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD). Lembar kerja peserta didik adalah lembaran yang berisi uraian singkat materi dan soal-soal yang disusun langkah demi langkah secara teratur dan sistematis yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga mempermudah pemahaman terhadap materi pelajaran yang didapat. Karena LKPD sangat berperan dalam proses pembelajaran seperti meningkatkan hasil belajar serta meningkatkan aktifitas peserta didik, maka hal itu dapat membantu peserta didik dalam meregulasi diri atau yang dikenal dengan istilah self regulation. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan (4-D) yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui proses validasi LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek, angket respon peserta didik dan guru terhadap LKPD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket self regulation, dan tes hasil belajar. Data uji coba dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek bersifat valid, praktis, dan efektif. Dikatakan valid karena LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori "Valid". LKPD berbasis model pembelajaran berbasis proyek dikatakan praktis karena keterlaksanaan pembelajaran memiliki keterlaksanaan dengan kategori tinggi, serta peserta didik dan guru memberikan respon positif terhadap LKPD. Penggunaan LKPD telah memenuhi kriteria keefektifan karena tes hasil belajar peserta didik telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar 80,10%, dan self regulation peserta didik memenuhi kategori sangat baik yaitu 3,85%.
id IOS3399.5737
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:01Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:01Z
recordtype dc
_version_ 1764483747178086400
score 17.538404