PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerbasis Model PembelajaranKooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT) UntukPesertaDidikKelas XI SMK Negeri 10 Bulukumba

Main Author: HARUM, HARUM
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5713/1/1.%20BAB%20I%20%281-7%29.docx
http://eprints.unm.ac.id/5713/2/5.%20BAB%20V%20%2861-66%29.docx
http://eprints.unm.ac.id/5713/
Daftar Isi:
  • Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (research and development),dimanaproduk yang diinginkanadalahperangkatpembelajaran yang valid danlayakuntukdigunakan..Produktersebutadalah: (1) rencanapelaksanaanpembelajaran (RPP), (2) buku ajar pesertadidik (BAPD), (3) Lembarkerjapesertadidik (LKPD), dan (4) teshasil belajar (THB). Pengembangan model perangkat yang digunakanmengacupada model four-D (Model 4-D) yang terdiridariempattahapyaitu: (1) pendefinisian(define), (2) perancangan(design), (3) pengembangan(develop), dan (4) penyebaran(disseminate). Penelitianinimenggunakanpengembanganperangkat model four-D. Melalui pengembangan perangkat pembelajaran KooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT)padamaterimetabolisme untuk kelas XI yang memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan. Penelitianinidilaksanakan di SMK Negeri 10 Bulukumba. Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisstatistikdeskriptif. Statistikdeskriptifdigunakanuntukmenganalisiskevalidanperangkatpembelajarandanmendeskripsikanhasilpengamatanhasilujicoba. Dari hasilpenelitianinidapatdikatakanbahwasemuakomponenperangkatpembelajaran yang meliputi RPP, BAPD, LKPD, teshasil belajar (THB) besertainstrumenpenilaianmemenuhikriteriakevalidanberdasarkanpenilaiantimahli. DengandemikianPerangkat yang dikembangkanlayakuntukdigunakandalampembelajaranBiologikhususnyapadamaterimetabolisme. Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganditemukankarakteristikdariperangkat RPP, BAPD dan LKPD yang berorientasipadametodepembelajaranNumbered Heads Together(NHT). Berdasarkanhasilanalisisdidapatkanbahwaketerlaksanaanperangkatberadapadakategoriterlaksanaseluruhnya, kemampuan guru mengelolapembelajaranberadapadakategorisangatbaik, angketresponpesertadidikdan guru beradapadakategorisangatpostif. Dan berdasarkanhasilanalisisskorteshasil belajarmenunjukkantingkatpencapaianTHBberadapadakategorisedang. Kata kunci:PerangkatPembelajaran, KooperatifTipeNumbered Heads Together(NHT), Metabolisme