Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar

Main Author: IRWAN, ANAS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5709/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5709/
ctrlnum 5709
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5709/</relation><title>Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar</title><creator>IRWAN, ANAS</creator><subject>FISIKA (S2)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and Development) dimana yang diinginkan adalah instrumen penilaian yang valid dan layak digunakan. Penelitian bertujuan (1) Untuk menganalisis hasil pengembangan instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I pada mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar secara teoritik dan empirik. &#xD; Pengembangan instrumen penilaian mengacu pada desain pengembangan instrumen tes menurut Kaharuddin Arafah yang terdiri 7 langkah-langkah pengembangan yaitu: (1) Menentukan skala ukur, sasaran ukur dan konstruksi alat ukur, (2) Alat ukur hasil konstruksi, (3) Validasi isi, (4) Alat ukur sementara, (5) Sasaran ukur responden uji coba, (6) Reliabilitas, dan (7) Alat ukur siap pakai. Penelitian ini di uji coba di jurusan Pendidikan Fisika Semester I Angkatan 2016/2017 UIN Alauddin Makassar. &#xD; Hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I yang menghasilkan 48 butir dengan reliabilitas 78% instrumen penilaian praktikum responsip/ kognitif, 8 butir reliabililitas73,60% instrumen penilaian sikap, 19 butir reliabililitas instrumen penilaian psikomotor, dan 13 butir reliabililitas 87,90% penulisan laporan lengkap praktikum beserta rubrik penilaiannya memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Hasil penelitian diperoleh produk instrumen penilaian praktikum yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian yang baku di jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5709/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> IRWAN, ANAS (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>5709</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author IRWAN, ANAS
title Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar
publishDate 2017
topic FISIKA (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/5709/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5709/
contents ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and Development) dimana yang diinginkan adalah instrumen penilaian yang valid dan layak digunakan. Penelitian bertujuan (1) Untuk menganalisis hasil pengembangan instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I pada mahasiswa jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar secara teoritik dan empirik. Pengembangan instrumen penilaian mengacu pada desain pengembangan instrumen tes menurut Kaharuddin Arafah yang terdiri 7 langkah-langkah pengembangan yaitu: (1) Menentukan skala ukur, sasaran ukur dan konstruksi alat ukur, (2) Alat ukur hasil konstruksi, (3) Validasi isi, (4) Alat ukur sementara, (5) Sasaran ukur responden uji coba, (6) Reliabilitas, dan (7) Alat ukur siap pakai. Penelitian ini di uji coba di jurusan Pendidikan Fisika Semester I Angkatan 2016/2017 UIN Alauddin Makassar. Hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian praktikum Fisika Dasar I yang menghasilkan 48 butir dengan reliabilitas 78% instrumen penilaian praktikum responsip/ kognitif, 8 butir reliabililitas73,60% instrumen penilaian sikap, 19 butir reliabililitas instrumen penilaian psikomotor, dan 13 butir reliabililitas 87,90% penulisan laporan lengkap praktikum beserta rubrik penilaiannya memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian tim ahli. Hasil penelitian diperoleh produk instrumen penilaian praktikum yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta layak untuk digunakan sebagai instrumen penilaian yang baku di jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar.
id IOS3399.5709
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:00Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:00Z
recordtype dc
_version_ 1764483747105734656
score 17.538404