Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar
Main Author: | RAUF, WAHYUDDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/5693/1/Wahyuddin%20Rauf.pdf http://eprints.unm.ac.id/5693/ |
ctrlnum |
5693 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5693/</relation><title>Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar</title><creator>RAUF, WAHYUDDIN</creator><subject>BAHASA INGGRIS (S2)</subject><description>ABSTRAK


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap gaya
mengajar dan ciri kepribadian dosen yang mencakup tiga pertanyaan penelitian yaitu;
1) jenis gaya mengajar, 2) jenis keperibadian, dan 3) persepsi siswa terhadap gaya
mengajar dan keperibadian dosen di Universitas Muhammadiya Makassar. 
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan satu dosen
sebagai partisipan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan
6 mahasiswa semester 2 jurusan Bahasa Inggris sebagai informan. Data penelitian
dikumpulkan dengan menggunakan rekaman, observasi, and wawancara kemudian
dianalisa berdasarkan prosedur analisis data yang terdiri dari data collection, data
reduction, data display, and conclusion. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) gaya mengajar yang lebih
dominan digunakan adalah gaya Expert, (2) jenis kepribadian yang ditunjukka adalah
kepribadian Extraversion, dan (3) persepsi siswa terhadap gaya mengajar dosen
menunjukkan hal positif yang dinyatakan dalam beberapa hal seperti; nyaman dalam
belajar, termotifasi dan menjadi lebih disiplin. Hasil dari penelitian ini juga
menunjukkan bahwa gaya mengajar dapat dikombinasikan dan dosen/pengajar dapat
memodifikasi gaya mengajar yang digunakan dengan beberapa strategi misalnya
menggunakan humor dan kuis.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5693/1/Wahyuddin%20Rauf.pdf</identifier><identifier> RAUF, WAHYUDDIN (2017) Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>5693</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RAUF, WAHYUDDIN |
title |
Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar |
publishDate |
2017 |
topic |
BAHASA INGGRIS (S2) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/5693/1/Wahyuddin%20Rauf.pdf http://eprints.unm.ac.id/5693/ |
contents |
ABSTRAK
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap gaya
mengajar dan ciri kepribadian dosen yang mencakup tiga pertanyaan penelitian yaitu;
1) jenis gaya mengajar, 2) jenis keperibadian, dan 3) persepsi siswa terhadap gaya
mengajar dan keperibadian dosen di Universitas Muhammadiya Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan satu dosen
sebagai partisipan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan
6 mahasiswa semester 2 jurusan Bahasa Inggris sebagai informan. Data penelitian
dikumpulkan dengan menggunakan rekaman, observasi, and wawancara kemudian
dianalisa berdasarkan prosedur analisis data yang terdiri dari data collection, data
reduction, data display, and conclusion.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) gaya mengajar yang lebih
dominan digunakan adalah gaya Expert, (2) jenis kepribadian yang ditunjukka adalah
kepribadian Extraversion, dan (3) persepsi siswa terhadap gaya mengajar dosen
menunjukkan hal positif yang dinyatakan dalam beberapa hal seperti; nyaman dalam
belajar, termotifasi dan menjadi lebih disiplin. Hasil dari penelitian ini juga
menunjukkan bahwa gaya mengajar dapat dikombinasikan dan dosen/pengajar dapat
memodifikasi gaya mengajar yang digunakan dengan beberapa strategi misalnya
menggunakan humor dan kuis. |
id |
IOS3399.5693 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2018-04-01T02:14:00Z |
last_indexed |
2018-04-01T02:14:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483747048062976 |
score |
17.538404 |