Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar

Main Author: RAUF, WAHYUDDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5693/1/Wahyuddin%20Rauf.pdf
http://eprints.unm.ac.id/5693/
ctrlnum 5693
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5693/</relation><title>Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar</title><creator>RAUF, WAHYUDDIN</creator><subject>BAHASA INGGRIS (S2)</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap gaya&#xD; mengajar dan ciri kepribadian dosen yang mencakup tiga pertanyaan penelitian yaitu;&#xD; 1) jenis gaya mengajar, 2) jenis keperibadian, dan 3) persepsi siswa terhadap gaya&#xD; mengajar dan keperibadian dosen di Universitas Muhammadiya Makassar. &#xD; Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan satu dosen&#xD; sebagai partisipan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan&#xD; 6 mahasiswa semester 2 jurusan Bahasa Inggris sebagai informan. Data penelitian&#xD; dikumpulkan dengan menggunakan rekaman, observasi, and wawancara kemudian&#xD; dianalisa berdasarkan prosedur analisis data yang terdiri dari data collection, data&#xD; reduction, data display, and conclusion. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) gaya mengajar yang lebih&#xD; dominan digunakan adalah gaya Expert, (2) jenis kepribadian yang ditunjukka adalah&#xD; kepribadian Extraversion, dan (3) persepsi siswa terhadap gaya mengajar dosen&#xD; menunjukkan hal positif yang dinyatakan dalam beberapa hal seperti; nyaman dalam&#xD; belajar, termotifasi dan menjadi lebih disiplin. Hasil dari penelitian ini juga&#xD; menunjukkan bahwa gaya mengajar dapat dikombinasikan dan dosen/pengajar dapat&#xD; memodifikasi gaya mengajar yang digunakan dengan beberapa strategi misalnya&#xD; menggunakan humor dan kuis.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5693/1/Wahyuddin%20Rauf.pdf</identifier><identifier> RAUF, WAHYUDDIN (2017) Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar. S2 thesis, Pascasarjana. </identifier><recordID>5693</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RAUF, WAHYUDDIN
title Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Mengajar dan Keperibadian Dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar
publishDate 2017
topic BAHASA INGGRIS (S2)
url http://eprints.unm.ac.id/5693/1/Wahyuddin%20Rauf.pdf
http://eprints.unm.ac.id/5693/
contents ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap gaya mengajar dan ciri kepribadian dosen yang mencakup tiga pertanyaan penelitian yaitu; 1) jenis gaya mengajar, 2) jenis keperibadian, dan 3) persepsi siswa terhadap gaya mengajar dan keperibadian dosen di Universitas Muhammadiya Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan satu dosen sebagai partisipan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan 6 mahasiswa semester 2 jurusan Bahasa Inggris sebagai informan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan rekaman, observasi, and wawancara kemudian dianalisa berdasarkan prosedur analisis data yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, and conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) gaya mengajar yang lebih dominan digunakan adalah gaya Expert, (2) jenis kepribadian yang ditunjukka adalah kepribadian Extraversion, dan (3) persepsi siswa terhadap gaya mengajar dosen menunjukkan hal positif yang dinyatakan dalam beberapa hal seperti; nyaman dalam belajar, termotifasi dan menjadi lebih disiplin. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa gaya mengajar dapat dikombinasikan dan dosen/pengajar dapat memodifikasi gaya mengajar yang digunakan dengan beberapa strategi misalnya menggunakan humor dan kuis.
id IOS3399.5693
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-04-01T02:14:00Z
last_indexed 2018-04-01T02:14:00Z
recordtype dc
_version_ 1764483747048062976
score 17.538404