RAGANGAN PENGEMBANGAN TERTIB MENULIS DAN BERPIKIR KREATIF, INOVATIF
Main Authors: | Salija, Kisman, Garim, Idawati |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/5680/1/RAGANGAN%20PENGEMBANGAN03082018171353.pdf http://eprints.unm.ac.id/5680/2/PEER%20REVIEWER%20BUKU%20RAGANGAN%20PENGEMBANGAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/5680/ |
Daftar Isi:
- Hakikat belajar bahasa adalah belajar berkomunikasi, mengingat bahasa merupakan sarana komunikasi dalam masyarakat. Untuk dapat berkomunikasi dcngan baik, seseorang perlu belajar cara berbahasa yang baik dan benar. Pembelajaran tersebut akan lebih baik manakala dipelajari sejak dini dan bersinambung. Salah satu usaha bentuk meningkatkan kompetensi keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar melalui program pendidikan di sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk itu, perlu pembaharuan kurikulum. Kurikulum 2013 dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi setiap pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Hal ini penting dalam rangka antisipasi kebutuhan kompetensi abad 2l dan menyiapkan generasi emas 2045 (Nuh, 2013). Berhubungan dengan pernyataan tersebut, konteks pembelajaran bahasa Indonesia lebih menekankan pada aspek keterampilan berbahasa yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis (listening, speaking, reading, and writing) secara komprehensif Pembelajaran keempat aspek berbahasa Indonesia kurang diminati oleh pendidik maupun peserta didik karena selama ini pembelajaran Bahasa Indonesia tidak dilakukan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. (Kompas, 7 Maret 2013).