Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar

Main Author: Murjaba, Murjaba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/567/1/Mujahid%20Zulfadli%20Aulia%20Rahman.docx
http://eprints.unm.ac.id/567/
ctrlnum 567
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/567/</relation><title>Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar.</title><creator>Murjaba, Murjaba</creator><subject>GA Mathematical geography. Cartography</subject><description>ABSTRAK&#xD; MURJABA. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Melibatkan Kearifan Lokal di Kelas VII.1 SMP Negeri 4 Bulukumba Kabupaten Bulukumba (Dibimbing oleh H. Nurdin Arsyad dan Awi Dassa).&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Materi Ajar, LK, , RPP dan Tes Hasil Belajar untuk siswa kelas VII.1 SMP Negeri 4 Bulukumba . Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. &#xD; Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid dan 2 orang pengamat dengan hasil penilaian berada pada kategori baik. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 4 Bulukumba dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Dari hasil analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal memenuhi kriteria praktis dan berada dalam kategori baik. Dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif, yakni: (1) hasil belajar matematika memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 88% sehingga ketuntasan klasikal juga tercapai, (2) aktivitas siswa berjalan sesuai yang diharapkan, dan (3) respon siswa memenuhi kriteria respon positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Pembelajaran, Matematika Realistik, Kearifan lokal</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/567/1/Mujahid%20Zulfadli%20Aulia%20Rahman.docx</identifier><identifier> Murjaba, Murjaba (2014) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>567</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Murjaba, Murjaba
title Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar
publishDate 2014
topic GA Mathematical geography. Cartography
url http://eprints.unm.ac.id/567/1/Mujahid%20Zulfadli%20Aulia%20Rahman.docx
http://eprints.unm.ac.id/567/
contents ABSTRAK MURJABA. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Melibatkan Kearifan Lokal di Kelas VII.1 SMP Negeri 4 Bulukumba Kabupaten Bulukumba (Dibimbing oleh H. Nurdin Arsyad dan Awi Dassa). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah Materi Ajar, LK, , RPP dan Tes Hasil Belajar untuk siswa kelas VII.1 SMP Negeri 4 Bulukumba . Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan atau 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid dan 2 orang pengamat dengan hasil penilaian berada pada kategori baik. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 4 Bulukumba dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Dari hasil analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal memenuhi kriteria praktis dan berada dalam kategori baik. Dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif, yakni: (1) hasil belajar matematika memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 88% sehingga ketuntasan klasikal juga tercapai, (2) aktivitas siswa berjalan sesuai yang diharapkan, dan (3) respon siswa memenuhi kriteria respon positif. Berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika realistik dengan melibatkan kearifan lokal memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci: Pembelajaran, Matematika Realistik, Kearifan lokal
id IOS3399.567
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2016-09-24T07:14:43Z
last_indexed 2016-09-24T07:14:43Z
recordtype dc
_version_ 1764483721556131840
score 17.538404