Ungkapan-Ungkapan Guru Di Dalam Kelas Bahasa Inggris

Main Author: HUMAEROAH, HUMAEROAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5584/1/An%20Article.doc
http://eprints.unm.ac.id/5584/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tipe dan fungsi ungkapan-ungkapan yang digunakan guru didalam kelas bahasa Inggris, (2) Ungkapan yang dominan digunakan guru di kelas bahasa Inggris, dan (3) respon siswa terhadap ungkapan-ungkapan guru di dalam kelas bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain penelitian descriptive quantitative. Penelitian ini menggunakan dua orang guru bahasa Inggris dan dua kelas siswa di SMA Neg.11 Pinrang sebagai partisipan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dari penelitian ini didapatkan melalui observasi kelas, video rekaman, dan interview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat delapan jenis ungkapan yang digunakan guru di dalam kelas, yaitu : greetings/farewells, spontaneous reaction, getting student’s attention, telling students to do something, encouraging expressions, organizing contents, time, and places, showing sympathy, checking students’ understanding .(2) telling students to do something adalah jenis ungkapan yang paling dominan digunakan guru, dan (3)respon siswa terhadap ungkapan guru dikategorikan menjadi dua kategori yaitu : positive and negative response. Sebagian besar siswa memberikan respon positif pada greetings, spontaneous reaction and encouraging expressions dengan memberi umpan balik, mengerjakan perintah guru dan juga merasa senang jika guru mengucapkan ungkapan-ungkapan tersebut. Beberapa siswa memberikan respon negatif pada tipe ungkapan-ungkapan lainnya yang diucapkan guru dengan mengabaikan ungkapan guru tersebut.