Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang)

Main Author: S I L M I, S I L M I
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/558/1/SILMI.%202014.docx
http://eprints.unm.ac.id/558/
ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/558/</relation><title>Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang).</title><creator>S I L M I, S I L M I</creator><subject>AM Museums (General). Collectors and collecting (General)</subject><description>ABSTRAK&#xD; S I L M I. Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang).&#xD; &#xD; Penelitian ini menelaah penerapan konseling naratif untuk meningkatkan self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum dan setelah pelaksanaan konseling naratif? (2) Apakah konseling naratif dapat meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas? (3) Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum dan setelah pelaksanaan konseling naratif; (2) Untuk mengetahui dapat tidaknya konseling naratif meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas; (3) Untuk mengetahui dapat tidaknya konseling naratif meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (True Experimental Designs) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Designs terhadap 24 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman dengan klasifikasi 12 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 orang siswa sebagai kelompok kontrol, dan penarikan sampel secara sistimatis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif non parametric wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum pemberian konseling naratif berada pada kategori rendah dan setelah penerapan konseling naratif berada pada kategori tinggi; (2) Penerapan konseling naratif dapat meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas; (3) Penerapan konseling naratif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/558/1/SILMI.%202014.docx</identifier><identifier> S I L M I, S I L M I (2014) Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang). Diploma thesis, universitas negeri makassar. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author S I L M I, S I L M I
title Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang)
publishDate 2014
topic AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
url http://eprints.unm.ac.id/558/1/SILMI.%202014.docx
http://eprints.unm.ac.id/558/
contents ABSTRAK S I L M I. Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab.Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang). Penelitian ini menelaah penerapan konseling naratif untuk meningkatkan self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman. Masalah utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum dan setelah pelaksanaan konseling naratif? (2) Apakah konseling naratif dapat meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas? (3) Apakah konseling naratif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum dan setelah pelaksanaan konseling naratif; (2) Untuk mengetahui dapat tidaknya konseling naratif meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas; (3) Untuk mengetahui dapat tidaknya konseling naratif meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (True Experimental Designs) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Designs terhadap 24 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman dengan klasifikasi 12 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 orang siswa sebagai kelompok kontrol, dan penarikan sampel secara sistimatis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif non parametric wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Self-efficacy dan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas sebelum pemberian konseling naratif berada pada kategori rendah dan setelah penerapan konseling naratif berada pada kategori tinggi; (2) Penerapan konseling naratif dapat meningkatkan self-efficacy belajar siswa dalam mengerjakan tugas; (3) Penerapan konseling naratif dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam mengerjakan tugas.
id IOS3399.558
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2016-09-24T07:14:43Z
last_indexed 2016-09-24T07:14:43Z
recordtype dc
_version_ 1764483721524674560
score 17.538404