Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari Paduppa Kreasi Andi Nurhani Sapada) Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Cina Desa Arasoe Kabupaten Bone

Main Author: Rezkina, Rezkina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5555/1/2.%20BAB%20I%20SAMAPIAI%20DARTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/5555/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1.) Pelaksanaan pembelajaran seni budaya (tari paduppa kreasi Andi Nurhani Sapada) pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Cina Desa Arasoe Kabupaten Bone, dan (2.) Model pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran seni budaya (tari paduppa kreasi Andi Nurhani Sapada) pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Cina Desa Arasoe Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data di lapangan dengan cara: observasi, studi pustaka dan wawancara. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1.) Secara umum pelaksanaan pembelajaran seni budaya di SMPN 1 Cina (tari paduppa kreasi Anida) pada kelas VIII A berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang dimaksud yaitu siswa mampu menjelaskan latar belakang penciptaan tari paduppa, siswa mampu menjelaskan posisi ujung jari, siswa dapat menyebutkan ragam tari paduppa, siswa dapat melakukan gerak tari paduppa dengan irinagan musik, siswa dapat membuat pola lantai gerak tari paduppa, dan siswa dapat membuat komposisi tari sederhana; (2.) Model yang digunakan guru bidang studi seni budaya dalam tari paduppa di SMPN 1 Cina khususnya kelas VIII yaitu model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif.