Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Main Author: Megawati, Megawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5458/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5458/2/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/5458/
ctrlnum 5458
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5458/</relation><title>Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng</title><creator>Megawati, Megawati</creator><subject>Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran komunikasi antara orang tua dengan guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 2) gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 3) pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif asosiatif. Variabel penelitian terdidri dari komunikasi orang tua dengan guru (variabel X) dan kualitas pembelajaran (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yang berjumlah 449 siswa dan ditarik sampel sebanyak 83 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran komunikasi antara orang tua dengan guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori &#x201C;baik&#x201D;. Hal tersebut menunjukkan bahwa perwujudan pengaruh komunikasi orang tua dengan guru sudah baik, dikarenakan telah mampu memiliki keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan. Gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori &#x201C;baik&#x201D; hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru baik kualitas pembelajaran IPS baik dikarenakan telah mampu memiliki perilaku pembelajaran pendidik (guru), perilaku dan dampak belajar peserta didik, iklim pembelajaran., materi pembelajaran yang berkualitas, kualitas media pembelajaran, dan sistem pembelajaran di sekolah. Dan gambaran pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori kuat hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru baik kualiats pembelajaran IPS baik tapi apabila sebaliknya komunikasi orang tua dengan guru tidak berjalan dengan baik maka berpengaruh tidak baik juga pada kualitas pembelajaran IPS.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5458/1/BAB%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5458/2/BAB%20V.docx</identifier><identifier> Megawati, Megawati (2015) Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>5458</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Megawati, Megawati
title Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng
publishDate 2015
topic Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
url http://eprints.unm.ac.id/5458/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5458/2/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/5458/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran komunikasi antara orang tua dengan guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 2) gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 3) pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif asosiatif. Variabel penelitian terdidri dari komunikasi orang tua dengan guru (variabel X) dan kualitas pembelajaran (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yang berjumlah 449 siswa dan ditarik sampel sebanyak 83 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran komunikasi antara orang tua dengan guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori “baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa perwujudan pengaruh komunikasi orang tua dengan guru sudah baik, dikarenakan telah mampu memiliki keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan. Gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori “baik” hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru baik kualitas pembelajaran IPS baik dikarenakan telah mampu memiliki perilaku pembelajaran pendidik (guru), perilaku dan dampak belajar peserta didik, iklim pembelajaran., materi pembelajaran yang berkualitas, kualitas media pembelajaran, dan sistem pembelajaran di sekolah. Dan gambaran pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori kuat hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru baik kualiats pembelajaran IPS baik tapi apabila sebaliknya komunikasi orang tua dengan guru tidak berjalan dengan baik maka berpengaruh tidak baik juga pada kualitas pembelajaran IPS.
id IOS3399.5458
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-03-10T01:18:12Z
last_indexed 2018-03-10T01:18:12Z
recordtype dc
_version_ 1764483746184036352
score 17.538404