Penggunaan gaya belajar Visual Auditory Kinesthetic (VAK) untuk meningkatkan kosakata siswa

Main Author: Suaib, Rahmah Wahdaniati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5390/1/CHAPTER%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5390/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah penggunaan gaya Visual Auditory Kinesthetic dapat meningkatkan kosakata siswa dan (2) untuk mengetahui apakah siswa tertarik dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan gaya belajar Visual Auditory Kinesthetic. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Sample dari penelitian ini adalah terdiri atas 40 siswa kelas VII SMP Negeri 7 Watampone tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrument: tes tertulis untuk mengetahui kosakata siswa dan angket untuk data ketertarikan siswa. Data pencapaian kosakata siswa dianalisis menggunakan SPSS 16, dan data ketertarikan siswa dianalisis dengan menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penggunaan gaya belajar Visual Auditory Kinesthetic dapat meningkatkan pencapaian kosakata siswa dan (2) siswa memiliki ketertarikan yang tinggi dalam belajar kosakata melalui gaya belajar Visual Auditory Kinesthetic. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya belajar Visual Auditory Kinesthetic dalam proses pengajaran sangat efektif untuk diaplikasikan dalam meningkatkan kosakata siswa dan siswa memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap gaya belajar Visual Auditory Kinesthetic dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris.