roblematik Elong Ogiq maliung Bettuanna pada Siswa Kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru

Main Author: Ridwan, Anna Satria
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5301/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5301/2/bab%20I%2CII%2CIII.docx
http://eprints.unm.ac.id/5301/
Daftar Isi:
  • Anna Satria Ridwan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematik siswa dalam pembelajaran Elong Ogiq Maliung Bettuanna dikelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru, dan problematik guru dalam pembelajaran Elong Ogiq Maliung Bettuanna di kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII MTsN Mangempang Kabupaten Barru yang berjumlah 152 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) sehingga diperoleh sampel sebanyak 31, yakni 20% dari jumlah populasi. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Penenlitian ini menemukan tiga problematik yang dialami oleh siswa dan dua problematik pada guru. Keempat problematik yang dihadapi siswa dalam pembelajaran elong ogiq maliung bettuanna adalah: (1) tidak pernah mendengar elong ogiq maliung bettuanna; (2) masih merasa bingung terhadap pembelajaran elong ogiq maliung bettuanna; (3) menganggap pembelajaran elong ogiq maliung bettuanna sukar dipahami. Problematik guru dalam pembelajaran elong ogiq maliung bettuanna adalah: (1) tidak berlatar belakang dari jurusan bahasa daerah (2) sulit mengajarkan karena sebagaian siswa kurang memahami elong ogiq maliung bettuanna. Sesuai harapan penulis, elong ogiq maliung bettuanna bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa daerah di MTsN Mangempang, mengingat elong maliung bettuanna juga syarat akan makna dan nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Serta yang terpenting kita ingat bahwa elong ogiq maliung bettuanna sudah tidak lagi dijumpai pemakainya dalam masayarakat penuturnya.