Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Teknik Course Review Horay pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar

Main Author: Utami, Ni Putu Asri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5219/1/BAB%20I%20CRH.docx
http://eprints.unm.ac.id/5219/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) prosedur penelitian meliputi yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 dengan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi belajar sejarah, baik pada aktivitas guru dan siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I ke siklus II, yaitu persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar Sejarah siswa dari 73,04% menjadi 82,59% atau berada dalam kategori tinggi Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah melalui penerapan teknik Course Review Horay kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Makassar mengalami peningkatan.