Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri3 Maiwa Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang

Main Author: Hasriani, Hasriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5218/2/1.docx
http://eprints.unm.ac.id/5218/3/5.docx
http://eprints.unm.ac.id/5218/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran musyawarah guru mata pelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maiwa Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. 2) Kendala-kendala guru MGMP dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maiwa Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Fokus penelitian peran MGMP dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan kendala-kendala guru MGMP untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Tahap penelitian yaitu tahap pra penelitian, tahap penelitian, tahap analisis data, tahap penyelesaian. Tehnik penelitian yaitu observasi, wawancara/interview dan dokumetasi. Keabsahan data dalam pemeriksaan keabsahan data di lakukan dengan tiangulasi sumber, triangulasi tehnik dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui 1) Peran musyawarah guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maiwa Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang yaitu dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi guru sesuai studinya masing masing, guru dapat mempertahankan kualitas propesionalismenya sesuai tuntutan jaman dan kebutuhan sekolah, Membantu para guru mata pelajaran untuk mengembangkan diri dan keprofesiannya. 2) Kendala-kendala guru MGMP dalam meningkatkan prestasi belajar siswa paada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Maiwa Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang yaitu kendala eksternal dan internal.