“Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang”

Main Author: Arifin, Arifin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5089/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5089/
ctrlnum 5089
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5089/</relation><title>&#x201C;Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang&#x201D;</title><creator>Arifin, Arifin</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK &#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, (2) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, dan (3) membuktikan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam pembelajaran mParagraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. &#xD; Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang yang berjumlah 317 orang yang terbagi ke dalam sepuluh kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan tes menulis paragraf deskriptif. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa pada keterampilan menulis paragraf deskriptif dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) adalah 81,63, (2) nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional adalah 33,13, dan (3) Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,64 lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,04. Oleh karena thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang diterima. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) efektif diterapkan dalam pemebelajaran menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5089/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> Arifin, Arifin (2014) &#x201C;Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang&#x201D;. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>5089</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arifin, Arifin
title “Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang”
publishDate 2014
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/5089/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5089/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, (2) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, dan (3) membuktikan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam pembelajaran mParagraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang yang berjumlah 317 orang yang terbagi ke dalam sepuluh kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan tes menulis paragraf deskriptif. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa pada keterampilan menulis paragraf deskriptif dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) adalah 81,63, (2) nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional adalah 33,13, dan (3) Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,64 lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,04. Oleh karena thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang diterima. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) efektif diterapkan dalam pemebelajaran menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.
id IOS3399.5089
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-03-10T01:18:07Z
last_indexed 2018-03-10T01:18:07Z
recordtype dc
_version_ 1764483744995999744
score 17.538404