Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN

Main Author: Baharuddin, Baharuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/504/1/BAHARUDDIN%202014.docx
http://eprints.unm.ac.id/504/
ctrlnum 504
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/504/</relation><title>Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN</title><creator>Baharuddin, Baharuddin</creator><subject>GA Mathematical geography. Cartography</subject><description>ABSTRAK&#xD; BAHARUDDIN 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Muh. Darwis M).Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing di MTsN. Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa (BS), dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang sesuai dengan pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif.Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Plomp, yang terdiri dari lima fase yaitu; (1) fase investigasi awal (prelimenary investigation), (2) fase desain (design), (3) fase realisasi/konstruksi (realization/construction), (4) fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan (5) fase implementasi (implementationi).Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing (prototype I) dinyatakan valid. Hasil analisis validasi RPP mean = 4,12 (Valid), buku siswa mean = 4,16 (Valid), dan LKS mean = 4,18 (Valid), (2) secara umum hasil uji coba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing selama uji coba adalah mean = 4,19 (sangat baik) dengan R = 83,6 atau reliabel, (3) secara umum hasil ujicoba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan selama pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing adalah; (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing x &#x305; = 3,62 (tinggi) dengan R = 78,5 (reliabel) (b) aktivitas siswa telah memenuhi interval waktu ideal yang telah ditentukan, (c) persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap kegiatan pembelajaran adalah 99,40, persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap buku siswa adalah 98,98, dan persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap LKS adalah 98,86, (d) hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan total 90,91%, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 75% dari nilai KKM.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/504/1/BAHARUDDIN%202014.docx</identifier><identifier> Baharuddin, Baharuddin (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>504</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Baharuddin, Baharuddin
title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN
publishDate 2014
topic GA Mathematical geography. Cartography
url http://eprints.unm.ac.id/504/1/BAHARUDDIN%202014.docx
http://eprints.unm.ac.id/504/
contents ABSTRAK BAHARUDDIN 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Muh. Darwis M).Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing di MTsN. Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa (BS), dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang sesuai dengan pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif.Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Plomp, yang terdiri dari lima fase yaitu; (1) fase investigasi awal (prelimenary investigation), (2) fase desain (design), (3) fase realisasi/konstruksi (realization/construction), (4) fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan (5) fase implementasi (implementationi).Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing (prototype I) dinyatakan valid. Hasil analisis validasi RPP mean = 4,12 (Valid), buku siswa mean = 4,16 (Valid), dan LKS mean = 4,18 (Valid), (2) secara umum hasil uji coba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing selama uji coba adalah mean = 4,19 (sangat baik) dengan R = 83,6 atau reliabel, (3) secara umum hasil ujicoba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan selama pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing adalah; (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing x ̅ = 3,62 (tinggi) dengan R = 78,5 (reliabel) (b) aktivitas siswa telah memenuhi interval waktu ideal yang telah ditentukan, (c) persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap kegiatan pembelajaran adalah 99,40, persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap buku siswa adalah 98,98, dan persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap LKS adalah 98,86, (d) hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan total 90,91%, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 75% dari nilai KKM.
id IOS3399.504
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2016-09-24T07:14:40Z
last_indexed 2016-09-24T07:14:40Z
recordtype dc
_version_ 1764483721325445120
score 17.538404