Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Rolling Kognitif dan Strategi Mind Mapping Terhadap Motivasi, Pemahaman Konsep dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 30 Bulukumba (Dibimbing oleh Ruslan dan H. Djadir)

Main Author: Asri, Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/502/1/ASRI%20ALI%2C%202014..docx
http://eprints.unm.ac.id/502/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK ASRI ALI,. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Rolling Kognitif dan Strategi Mind Mapping Terhadap Motivasi, Pemahaman Konsep dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 30 Bulukumba (Dibimbing oleh Ruslan dan H. Djadir). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan mengunakan pre test-post tes only dengan metode quasi eksperimental design, yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan motivasi, pemahaman, konsep, dan kemampuan memecahkan masalah matematika yang disebabkan oleh pengaruh strategi pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Bulukumba tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dua kelas secara random. Kelas pertama diajar dengan strategi rolling kognitif dan kelas kedua diajar dengan strategi mind mapping dalam pembelajaran berbasis masalah. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis multivariate Manova dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar matematika yang diajar dengan menggunakan strategi rolling kognitif lebih baik dari pada yang diajar dengan strategi mind mapping, (2) pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi rolling kognitif lebih baik dari pada yang diajar dengan strategi mind mapping, (3) kemampuan memecahkan masalah matematika peserta didik yang diajar dengan strategi rolling kognitif lebih baik dari pada yang diajar dengan strategi mind mapping.