HubunganAntara Penerimaan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar pada Siswa Berkesulitan Belajar di SD Inpres Maccini Baru Makassar

Main Author: Auliyah, Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5019/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/5019/2/BAB%20V.docx
http://eprints.unm.ac.id/5019/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara penerimaan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa berkesulitan belajar di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa berkesulitan belajar dari kelas 4 sampai kelas 6 SD. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 37 orang (N=37). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penerimaan teman sebaya dan skala motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan SPPS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa berkesulitan belajar, r = 0,348 (p = 0,00< 0,05). Artinya, semakin tinggi penerimaan teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar pada siswa berkesulitan belajar. Kata kunci: Penerimaan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Anak Berkesulitan Belajar, Sekolah Inklusi.