“Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Metode Clustering Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto”

Main Author: Nasmi, Nasmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/5012/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unm.ac.id/5012/
ctrlnum 5012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/5012/</relation><title>&#x201C;Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Metode Clustering Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto&#x201D;</title><creator>Nasmi, Nasmi</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto melalui metode Clustering. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 siswa dan salah satu guru bahasa dan Sastra Indonesia.&#xD; Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, angket dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis puisi sebelum dan sesudah diberi tindakan.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih efisien dan kondisi siswa semakin berperan aktif dalam pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas hasil. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 60,77. Siswa yang memperoleh nilai &#x2265;75 (nilai KKM) sebanyak 8 siswa (21,62%). Hasil tersebut belum mencapai standar keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu 75% sehingga dilanjutkan pada siklus I. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 69,20. Siswa yang memperoleh nilai &#x2265; 75 sebanyak 10 siswa (27,03%). Pada siklus II, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 78,35. Siswa yang memperoleh nilai &#x2265; 75 sebanyak 28 siswa (75,68%). Dengan demikian peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto dapat ditingkatkan melalui metode clustering dapat terbukti atau diterima.&#xD; Sehubungan dengan penelitian ini, saran yang diajukan peneliti yaitu siswa hendaknya diajarkan materi pembelajaran khususnya menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan dengan menerapkan metode pembelajaran yang lain untuk menambah pengetahuan mengenai metode yang inovatif dalam pembelajaran.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/5012/1/BAB%20I.doc</identifier><identifier> Nasmi, Nasmi (2013) &#x201C;Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Metode Clustering Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto&#x201D;. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>5012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nasmi, Nasmi
title “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Metode Clustering Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto”
publishDate 2013
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/5012/1/BAB%20I.doc
http://eprints.unm.ac.id/5012/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto melalui metode Clustering. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 siswa dan salah satu guru bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk data kualitatif berupa hasil observasi lapangan, angket dan wawancara. Analisis data kuantitatif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis puisi sebelum dan sesudah diberi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode clustering dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih efisien dan kondisi siswa semakin berperan aktif dalam pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas hasil. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari pratindakan hingga siklus II. Pada pratindakan, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 60,77. Siswa yang memperoleh nilai ≥75 (nilai KKM) sebanyak 8 siswa (21,62%). Hasil tersebut belum mencapai standar keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu 75% sehingga dilanjutkan pada siklus I. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 69,20. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 10 siswa (27,03%). Pada siklus II, nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 78,35. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 28 siswa (75,68%). Dengan demikian peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia siswa kelas VIII-A SMPN 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto dapat ditingkatkan melalui metode clustering dapat terbukti atau diterima. Sehubungan dengan penelitian ini, saran yang diajukan peneliti yaitu siswa hendaknya diajarkan materi pembelajaran khususnya menulis puisi bebas dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan dengan menerapkan metode pembelajaran yang lain untuk menambah pengetahuan mengenai metode yang inovatif dalam pembelajaran.
id IOS3399.5012
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-03-10T01:18:04Z
last_indexed 2018-03-10T01:18:04Z
recordtype dc
_version_ 1764483744517849088
score 17.538404