“Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng”

Main Author: Wirdarahayu, Wirdarahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4974/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/4974/
ctrlnum 4974
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/4974/</relation><title>&#x201C;Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng&#x201D;</title><creator>Wirdarahayu, Wirdarahayu</creator><subject>Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis menggunakan model Role Playing siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng;(2) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis tanpa menggunakan model Role Playing siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau; dan (3) membuktikan model Role Playing efektif atau tidak digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebagai kelas( eksperimen) dan IX D sebagai kelas (kontrol). Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng pada kelas kontrol dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 57.8750; (2) kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis dengan menggunakan model Role Playing dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 69.5000. Model Role Playing efektif digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng dengan nilai t 2,031 dengan signifikansi (p) 0,145. Kaidah yang digunakan adalah jika p &gt; 0,05. Kesimpulannya adalah hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model Role Playing (eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan model Role Playing ( kontrol ).</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/4974/1/BAB%20I.docx</identifier><identifier> Wirdarahayu, Wirdarahayu (2016) &#x201C;Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng&#x201D;. S1 thesis, FBS. </identifier><recordID>4974</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wirdarahayu, Wirdarahayu
title “Keefektifan Model Role Playing dalam Pembelajaran Membaca Naskah Drama Bahasa Bugis Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng”
publishDate 2016
topic Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
url http://eprints.unm.ac.id/4974/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/4974/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis menggunakan model Role Playing siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng;(2) mendeskripsikan kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis tanpa menggunakan model Role Playing siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau; dan (3) membuktikan model Role Playing efektif atau tidak digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B sebagai kelas( eksperimen) dan IX D sebagai kelas (kontrol). Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng pada kelas kontrol dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 57.8750; (2) kemampuan membaca naskah drama bahasa bugis dengan menggunakan model Role Playing dikategorikan cukup baik dengan nilai rata-rata 69.5000. Model Role Playing efektif digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama bahasa bugis siswa kelas IX SMP Negeri 2 Lilirilau Kabupaten Soppeng dengan nilai t 2,031 dengan signifikansi (p) 0,145. Kaidah yang digunakan adalah jika p > 0,05. Kesimpulannya adalah hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model Role Playing (eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan model Role Playing ( kontrol ).
id IOS3399.4974
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2018-03-10T01:18:04Z
last_indexed 2018-03-10T01:18:04Z
recordtype dc
_version_ 1764483744419282944
score 17.538404