Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell dengan Materi Pokok Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia Pada Siswa Kelas VIIIA SMPN 33 Makassar

Main Author: Wardani, Endah Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4854/1/Bab%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/4854/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang bertujuan mengetahui dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dapat meningkatkan hasil belajar IPS Sejarah siswa pada Kelas VIIIA SMPN 33 Makassar. Jenis dan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tekhnik analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tekhnik statistik deskriptif dan menggunakan tekhnik kategorisasi satandar yang ditetapkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell dalam dua siklus yaitu pada siklus I yang berada pada kategori sedang yaitu dengan rata-rata sebesar 79,21 dari skor ideal 100, dengan rentang skor yaitu 24. Sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi dengan skor 87,07 dari skor ideal 100, dengan rentang skor 10. Kehadiran, keaktifan, dan kesungguhan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar juga menunjukkan adanya peningkatan yang nampak dari hasil observasi guru selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the learning cell pada siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 33 Makassar ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran IPS Sejarah.