Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognisi terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri I Barru

Main Author: MURNIATY, MURNIATY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4692/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20DAN%20KESADARAN%20METAKOGNISI%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20PESERTA%20DIDIK%20KELAS%20XI%20IPA%20SMA%20NEGERI%201%20BARRU%20PADA%20MATERI%20POKOK%20HIDROLISIS%20GARAM.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4692/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK MURNIATY. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognisi terhadap Kemampuan Bepikir Kritis Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri I Barru (dibimbing oleh Pince Salempa dan Jusniar) Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran dan kesadaran metakognisi dan interaksi model pembelajaran dan kesadaran metakognisi dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Barru. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Barru tahun ajaran 2013/2014 yang bejumlah 175 peserta didik dari lima kelas . Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA 1 dan IPA 2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis kelas XI IPA SMA Negeri I Barru, (2) Ada pengaruh kesadaran metakognisi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Barru, (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dan kesadaran metakognisi dalam mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Barru. Kata kunci: Kooperatif type STAD, Problem Solving, Kesadaran Metakognisi, Kemampuan Berpikir Kritis.