PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA SMP KELAS VIII

Main Author: Erni Jayayanti1, Kaharuddin arafah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4678/1/artikel.docx
http://eprints.unm.ac.id/4678/
Daftar Isi:
  • Hp : 082343622015, Email : jayayanti12@gmail.com 2)Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar Email : eltigakahar@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa SMP Kelas VIII dengan tujuan; (1) untuk memperoleh perangkat pembelajaran; silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku ajar siswa, dan lembar kegiatan siswa (LKS), yang sesuai dengan pembelajaran model quantum teaching (2) untuk memperoleh perangkat pembelajaran model quantum teaching yang berkualitas (layak, praktis dan efektif). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran model quantum teaching ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel (model 4-D), yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian/pembatasan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran model quantum teaching menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran model quantum teaching (prototype I) dinyatakan layak, (2) secara umum hasil ujicoba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan model pembelajaran model quantum teaching selama ujicoba adalah terlaksana seluruhnya (3) secara umum hasil uji coba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria keefektifan dengan hasil pengamatan selama pembelajaran model quantum teaching adalah; persentase respon positif siswa terhadap buku ajar siswa adalah 87 %, persentase respon positif terhadap LKS adalah 87 %, dan persentase respon positif siswa terhadap proses pembelajaran 87 % sehingga penggunaan perangkat model quantum teaching dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP IT Al Biruni Makassar. Kata kunci : Pengembangan 4-D, Perangkat Pembelajaran Model Quantum Teaching, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA Terpadu