Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Peserta Didik Kelas XI-IPA1 di SMA Negeri 2 Masamba. (dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Helmi)

Main Author: INDRASARI, SITI ZULFAMIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4635/1/PENINGKATAN%20KETERAMPILAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20MELALUI%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20CREATIVE%20PROBLEM%20%20SOLVING%20PESERTA%20DIDIK%20KELAS%20XI%20IPA1%20SMA%20NEGERI%202%20MASAMBA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/4635/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SITI ZULFAMIA INDRASARI. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-IPA1 di SMA Negeri 2 Masamba melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPA1 di SMA Negeri 2 Masamba tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 36 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas pembelajaran peserta didik dengan model pembelajaran creative problem solving mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, (2) hasil observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada di atas 80%, sehingga dikategorikan sangat baik, (3) nilai rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72 menjadi 81 pada siklus II, (4) ketuntasan individu dan klasikal keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari 62.86% pada siklus I menjadi 88.57% pada siklus II Kata kunci: model pembelajaran creative problem solving, keterampilan berpikir kritis