Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng

Main Author: Basri, Basri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/46/1/Basri.docx
http://eprints.unm.ac.id/46/
ctrlnum 46
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/46/</relation><title>Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng</title><creator>Basri, Basri</creator><subject>L Education (General)</subject><description>ABSTRAK&#xD; Basri. 2014. &#x201D;Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng&#x201D;. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia,&#xD; Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh H. A. Wardihan P dan Muhammad Saleh)&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (I) peningkatan proses, dan (2)hasil model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)&#xD; untuk meningkatkan keterampilan berbicara kela VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Lokasi&#xD; dalam penelitian ini adalah MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) menyampaikan ide pokok pada tahap proses dan hasil. Pada tahap proses, pembelajaran keterampilan berbicara dalam&#xD; menyampaikan ide pokok dilaksanakan oleh siswa erkolaborasi dengan peneliti.&#xD; Proses pembelajaran siklus II lebih memuaskan dan lebih kondusif, serta siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Setelah dilakukan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II siswa melaksanakan kegiatan&#xD; pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan ide pokok dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktifitas siswa dalam pembelajaran. Pada tahap hasil pembelajaran denngan memerhatikan intonasi, diksi, kelancaran,penampilan dan penguasaan bahasa. Nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara.&#xD; Menentukan pakta dan opini nilai rata-rata 66,76 menentukan ide pokok pada siklus ke II nilai rata-rata 81,59%&#xD; Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi kepala Sekolah Hendaknya selalu menganjurkan kepada semua Guru untuk mengajar denagan menggunakan model, bagi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya ditingkat MTs dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keteampilan berbicara menentukan fakta dan opini, bagi siswa hendaknya aktif dan belajar dengan menggunakan&#xD; model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Bagi Guru bidang Studi lain dapat disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk menambah kualitas pembelajaran.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/46/1/Basri.docx</identifier><identifier> Basri, Basri (2012) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>46</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Basri, Basri
title Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng
publishDate 2012
topic L Education (General)
url http://eprints.unm.ac.id/46/1/Basri.docx
http://eprints.unm.ac.id/46/
contents ABSTRAK Basri. 2014. ”Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Kelas VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh H. A. Wardihan P dan Muhammad Saleh) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (I) peningkatan proses, dan (2)hasil model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berbicara kela VII-B MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Lokasi dalam penelitian ini adalah MTs Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) menyampaikan ide pokok pada tahap proses dan hasil. Pada tahap proses, pembelajaran keterampilan berbicara dalam menyampaikan ide pokok dilaksanakan oleh siswa erkolaborasi dengan peneliti. Proses pembelajaran siklus II lebih memuaskan dan lebih kondusif, serta siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Setelah dilakukan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara menyampaikan ide pokok dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktifitas siswa dalam pembelajaran. Pada tahap hasil pembelajaran denngan memerhatikan intonasi, diksi, kelancaran,penampilan dan penguasaan bahasa. Nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara. Menentukan pakta dan opini nilai rata-rata 66,76 menentukan ide pokok pada siklus ke II nilai rata-rata 81,59% Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi kepala Sekolah Hendaknya selalu menganjurkan kepada semua Guru untuk mengajar denagan menggunakan model, bagi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya ditingkat MTs dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keteampilan berbicara menentukan fakta dan opini, bagi siswa hendaknya aktif dan belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Bagi Guru bidang Studi lain dapat disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk menambah kualitas pembelajaran.
id IOS3399.46
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2016-09-24T07:14:28Z
last_indexed 2016-09-24T07:14:28Z
recordtype dc
_version_ 1764483718995509248
score 17.538404