Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar

Main Author: HASNAH, HASNAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/4572/1/ARTIKEL%20TESIS%20HASNAH.docx
http://eprints.unm.ac.id/4572/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. (2) perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah dengan pengetahuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. (3) perbedaan antara selisih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah dan pengetahuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Polombangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan tekhnik acak kelas,dengan variabel dependent yaitu kelas XI IPA 1 dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dankelas XI IPA 2 dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. Pengetahuan awal terdiri dari pengetahuan awal tinggi dan rendah. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah dengan pengetahuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. (3) ada perbedaan antara selisih kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki pengetahuan awal rendah dan pengetahuan awal tinggi yang dibelajarkan dengan strategi learning start with a question dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi self regulated learning. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Pengetahuan Awal, Berpikir Kritis.